DPRD Enrekang Sepakat Pangkas SPPD Dan Uang Makan Cegah Corona

Sul-sel (Inetnews) , Wabah virus Covid-19, turut jadi perhatian para legislator di DPRD Enrekang.

Dalam rapat konsultasi pencegahan Covid-19 bersama Pemda, pimpinan DPRD Enrekang dan anggota dewan sepakat.

“Rapat dewan ini memberi atensi terhadap situasi kekinian mencegah Covid-19 dan seluruh pimpinan fraksi atau sebanyak 30 anggota DPRD Enrekang mendorong agar pemda menyiapkan anggaran,”kata Sekwan Kadir Loga, MPd (2/4).

Selanjutnya Ketua DPRD Idris Sadik katakan, mulai dari pencegahan, sampai dengan penanganan virus Covid-19 di Kabupaten Enrekang, seluruh fraksi di DPRD Enrekang siap dilakukan pemotongan.

“anggaran perjalanan dinasnya dan uang makan minum sepakat dipptong, untuk dialokasikan penanggulangan virus corona di Enrekang,”jelas Idris Sadik,MM juga legislator Golkar.

Menurutnya, hal itu merupakan keputusan bersama seluruh fraksi di DPRD Enrekang, hanya saja nominal anggarannya memang belum ditentukan.

Hal ini lantaran pihak Pemda masih sementara menghitung anggaran penanganan yang dibutuhkan, jika masa darurat hingga Oktober 2020.

“Nominal besarannya belum, mungkin besok karena Pemda mencoba menghitung kembali jika penanganan Covid ini sampai di Oktober,” katanya.

Kata dia demi kemaslahatan rakyat Eneekang dalam situasi menghadapi antisipasi sebaran Covid-19, sepakat berapapun besaran anggarannya yang penting untuk kemasalahatan umat.

“Di rapat fraksi kita dorong agar dilakukan efisiensi anggaran dari perjalanan dinas, uang makan minum, DAK fisik dan kegiatan-kegiatan yang tidak efektif,”tegasnya.

Ia tambahkan, besaran anggaran Covid-19 tergantung berapa lama dana dipersiapkan, apakah sesuai surat Pusat mengenai kedaruratan sampai 29 Mei 2020 ataukah sampai 29 Oktober 2020, jadi nanti dilihat rancanganya.

Pimpinan DPRD lainnya, waket I Ikrar Eran Batu dan waket II Abd. Rahman Zulkarnain sangat merespon.

“terkait langkah segenap anggota dewan menjadi momentum kebersamaan atas wabah Covid-19 harus kita dukung,”aku Ikran Eran Batu.

“ini dukungan wakil rakyat di DPRD Enrekang demi rakyat semoga situasi ini cepat berlalu, “tambah Abd. Rahman Zulkarnain.

Sementara Fraksi Demokrat, Djayadi Suleman, katakan pihaknya menyambut baik keputusan rapat tersebut.

“Semua Fraksi (anggota dewan) ikhlas agar dana perjalanan dinas dan uang makan minum-nya dialihkan 10 miliar untuk penanganan wabah virus corona selama dua bulan kedepan demi kemanusiaan,” tuturnya.

Hal senada Legislator Nasdem Rahmat, dari keputusan pemotongan perjalanan dinas tersebut hal yang tepat.

“Keputusan semua Fraksi pemotongan dana perjalanan dinas anggota dewan demi penanggulangan virus Corona itu sangat tepat,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemkab Enrekang telah alokasikan anggaran 1,7 miliar untuk penanganan Covid-19 daerah ini terinci 300 juta dari dana APBD dan 1,4 miliar dari realokasi Dana Alokasi Khusus (DAK).(mas)

Leave a Reply