Mendagri Vicon: Kestabilan Ekonomi Bupati MB Solusi Inovatif Industrialisasi Dan Ekspor Komoditi Pertanian

Sul-sel (Inetnews), Bupati Enrekang Muslimin Bando menyimak cermat Vicon Mendagri Tito karnavian dan sejumlah kementerian kesehatan,perindustrian,perdagangan, Kementan dan ketenagakerjaan bersama seluruh gubernur, bupati /walikota se Nusantara.

Mendagri memantau terkait keamanan pangan dan sosial ekonomi akibat Covid-19 diikuti pula pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terbatas.

Dalam beragam persoalan dan langkah inovasi sebagai jurus kementerian teknis dan provinsi,kabupaten/kota masing masing wilayah.

“dalam situasi saat ini akan adanya pembatasan sosial akibat beragam efek utamanya dampak langsung pada ekonomi masyarakat harus dilakukan solusi tepat oleh gubernur,bupati dan walikota didaerah masing masing mengendalikan dampak sosial ekonomi masyarakat,”jelas Mendagri Tito Karnavian (7/4) lewat vicon di rujab bupati Enrekang.

Hadir Bupati Muslimin Bando,wabup Asman SE,Sekda Dr.H Baba,SE.MM,kadiskominfo Hasbar,MSi dan kadis lainnya.
Dalam perkembangan ekonomi di daerah seperti suplai komoditi pertanian,perkebunan dan peternakan dikreasi agar tetap eksis dan lancar dalam distribusinya.

“hasil pertanian, peternakan utamanya komoditi unggulan pertanian Enrekang telah dijamin aman melalui perlakuan,agar terjalin kelancarannya dalam distribusi antar daerah dan antar pulau, meski pengaruh suplainya tetap ada yang semakin turun,”ujar bupati Muslimin Bando.

Dari perkembangan ekonomi mikro,UMKM dalam menjamin ketahanan dampak Corona pada perekonomian masyarakat semakin dirasakan masyarakat luas. Dalam kondisi berat seperti itu sejumlah kementerian pun telah menggelontorkan sejumlah program lunak bantuan modal dari kementerian pusat.

Ditanggapi bupati Muslimin Bando, untuk itu menanggapi respon Mendagri, Mentan RI,Menteri perindustrian ditengah kondisi berat bisa muncul, daerah menyiapkan solusi tepat akan bisa mengatasi persoalan ini tentunya melalui dukungan formulasi kebijakan pusat.

Kata dia, ada beberapa hal bisa dilakukan dalam memperkuat nilai produksi pertanian, peternakan dan perkebunan daerah Enrekang yakni menuju industri.

Juga memperkuat daya saing dan kualitas hasil pertanian,perkebuanan dan peternakan tersebut untuk ekspor.

“kita tingkatkan industrinya melakukan pengolahan, sebagai komoditi ekspor dengan jaminan kualitas sejumlah hasil unggulan pertanian kita lebih ditingkatkan lagi,”jelasnya.

Ditambahkannya, menghadapi situasi saat ini,kita menjaga dan terus bergerak dengan menuju kearah industri hasil pertanian.

Alternatifnya sektor pertanian sebagai basic kita, harus menjadi pertanian yang moderen dengan catatan pada proses intensivikasi dan industrialisasi pertanian didukung.

“jangan hanya mengandalkan pada pasar lokal tapi melangkah pada komoditi ekspor, tapi ekspor harus melalui mekanisme yang baik supaya diterima pasa internasional”tegas Muslimin Bando.

Ia pun menghimbau, masyarakat petani jangan larut pada situasi virus Corona sebaiknya maksimalkan pada pertanian kita. Ketika berdiam diri yang terjadi diseluruh sektor,malahan lebih berat berakibat efeknya itu yang tidak diharapkan. Mari tetap semangat kita insyaallah mampu melewati semua ini.(mas)

Leave a Reply