Pasien Covid-19 Para Medis Enrekang Diisolasi Di Hotel Almadera Makassar.

Sul-sel (Inetnews), Kasus covid di Enrekang, akibat terjangkit terus meningkat. Kasus positif terjangkit Covid-19 dari warga sebanyak 6 orang, kini kembali bertambah 2 orang kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dari para medis setempat.

Tentu penting kita bersama tak meremehkan wabah ini dalam menangkal penyebaran termasuk APD dari tenaga medis harus standar.

Jubir Covid-19 Sutrisno, menerangkan, hasil swab terhadap para medis yang dilakukan, dari puluhan sampel terdapat sampel 2 orang reaktif dari tenaga RSUD Maspul dan Puskesmas.

“kedua tenaga medis yang positif tersebut masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), kondisi keduanya dalam keadaan baik. Mereka tidak menunjukkan gejala sama sekali jadi mereka kategori OTG,” kata Kadiskes Enrekang, Sutrisno, SE.SKM.MM (21/5).

Dijelaskan Sutrisno, kedua para medis yang reaktif tersebut sesuai protap dilakukan isolasi dsn saat ini keduanya telah dirujuk di Hotel Almadera Makassar sebagai pasien Covid untuk jalani proses isolasi.

Dua pasien terkonfirmasi tersebut berasal dua kecamatan berbeda yakni wanita ST (31 th) Kecamatan Maiwa kasus 07 dan wanita NH (41 th) Kecamatan Enrekang kasus 08 dengan jejak sama yakni menangani pasien BY (70 th) kasus 06 positif corona setempat.

Sementara pasien kasus 08 dari Kukku, kelurahan lewaja,kecamatan Enrekang.

Kata dia, NH (41) merupakan tenaga medis di Puskesmas Maiwa, sementara ST (31) merupakan tenaga medis di RSUD Massenrempulu dan
sempat merawat dengan berinteraksi pasien positif BY tersebut.

“Tanggal 19 Mei 2020 lalu, kita lakukan swab tes terhadap, semua tenaga medis yang interaksi dengan pasien 06, dan hasilnya keluar hari ini bahwa dua Tenaga medis kita positif,”ucap Sutrisno.

Lalu terkait sarana dan APD para medis yang menangani pasien reaktif Corona di RSUD maspul dan puskesmas dijelaskan sejauh ini sudah sesuai standar.

“jika pasien datang berobat akan dilayani sesuai kondisi yang ada, kalau pasien reaktif tentu harus protap Covid-19,” ujar Sutrisno.(mas)

Leave a Reply