Bapenda Enrekang Rangkul Restoran Demi Peningkatan Retribusi Pajak

Sul Sel (Inetnews), Badan Pendapatan Daerah terus menata sumber pemasukan dari sektor retribusi pajak daerah dari sejumlah sektor pemasukan.
Sesuai Perda yang telah menaungi secara sah, Bapemda Enrekang menggenjot melalui sejumlah pendekatan potensi yang ada.

“termasuk potensi lainnya juga intens mulai dilakukan, “kata Kepala Bapenda Enrekang, Muhammad Hidjaz Gaffar, S. STP. Msi (7/6).

Dikatakannya potensi pemasukan retribusi pajak tambang galian C, jasa rumah makan dan perhotelan yang secara masif diberi pendekatan serta penarikan dilapangan.

Retribusi sektor tambang galian C ini sudah berjalan baik namun tetap dilakukan pendekatan penarikan retribusinya lebih diperketat dan ditingkatkan.

“begitu pula pajak warung makanan khususnya beromset besar terus dinovasi pemakaian MPOS serta potensi lainnya dijemput dilapangan oleh petugas Bapenda Enrekang,”jelas Muhammad Hidjaz Gaffar.

Lanjut dia, sejauh ini selain operasi jemput bola,sekaligus membangun kesadaran masyarakat dan pemilik jasa warung makan juga dipantau penggunaan MPOS (Mobile point of sale) terpakai secara penuh saat transaksi pembayaran di warung makan.

“alat MPOS memonitor setiap transaksi di warung makan sehingga retribusi pajak dari pelanggan akan terekam hanya saja kerusakan alat itu biasa baru diketahui saat petugas Bapenda memantau,”katanya.

Juga beberapa titik sebanyak 33 unit dari 32 unit terpasang di warung makan (1 rusak sedang perbaikan).

Jadi ini perlunya kesadaran serta fornulasi baru difikirkan supaya alat MPOS terpakai secara benar tidak dalam kondisi rusak di rumah makan.

“jadi dari Perda pajak yang ada, khusus retribusi pajak daerah ini terbangun kesadaran bersama,peduli untuk menerapkan, semisal bilt transaksi makan diwarung,para pelanggan mintalah bilt dari mesin MPOS sehingga turut membantu pemasukan pajak daerah,”jelas Muhammad Hidjaz Faffar. (mas)

foto”
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Enrekang Muhammad Hidjaz Gaffar, S. STP. Msi saat bertatap muka bersama pengusaha restoran.

Leave a Reply