Kepala BKTM Makassar Kunjungi PKM Polut dan Kelompok Asman Toga Gammara

Takalar, (inetnews.id)—Kepala Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar, DR. dr. Hj. Anna Khuzaimah, M.Kes mengadakan kunjungan kerja ke Puskesmas Polongbangkeng Utara dan disaat yg bersamaan (Jum’at, 16/10/2020) Ibu Bupati Takalar DR. Hj. Irma Andriani, S.Pi, M.Si selalu Ketua TP PKK Kab Takalar juga mengadakan kunjungan ke Posyandu Jagung Manuju Utara, Kec. Polongbangkeng Utara dalam rangka World Food Day 2020.

Ibrahim, SKM, M.Adm.Kes selaku pelaksana Kesehatan Tradisional PKM Polut dan juga ketua Pokja 3 PKK Kecamatan Polut kemudian mengambil inisiatif untuk mempertemukan kedua pejabat yg bergelar Doktor ini di kebun Toga milik Hj.Nurlis Taugi, kader Asman Toga Gammara Kel.Malewang.

Setelah puas meninjau kebun toga masyarakat, kata Ibrahim, selanjutnya rombongan bergerak kerumah produksi herbal karya kader toGammara dan mencoba minuman herbal yg disajikan. Hasilnya sungguh luar biasa, kader mendapatkan ilmu ttg tanaman herbal dan akan dibimbing langsung oleh kepala BKTM Makassar.

Selain itu beliau ditawari oleh ibu Bupati Takalar menjadi narasumber pada pertemuan Puspita (Pusat Pembelajaran Ibu Takalar) yg merupakan inovasi TP PKK Kab.Takalar.

Pada kesempatan ini Kepala BKTM Makassar menyicipi kue donat labu dan puding buah lontar selain itu juga mencoba minuman herbal teh secang. Beliau puas dengan rasa dan khasiatnya dan mengatakan layak diperjualbelikan, namun tetap memberikan saran untuk meningkatkan kualitas produk dan kemasannya, agar tahan lama dan hygienis.

Kelompok Asman Toga Gammara Kel.Malewang, Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar memiliki banyak prestasi yg membanggakan, diantaranya juara I Lomba Pemanfaatan Toga tingkat Propinsi Sulsel, tahun 2019.

Selain karena prestasi diatas, kelompok Asman Toga Gammara menjadi lokasi kunjungan kerja karena komitmen kader dan pemerintah Kab.Takalar untuk mengembangkan tanaman herbal di masyarakat.

Pada kesempatan ini DR. Anna berpesan untuk menjadikan tantangan sebagai motivasi untuk mengembangkan tanaman obat keluarga di masyarakat, karena pemanfaatan toga mendukung kemandirian masyarakat untuk hidup lebih sehat. Serta mengembangkan konsep pemberdayaan untuk mengatasi keterbatasan sumberdaya.

Sementara DR. Adriana selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Takalar juga berharap seluruh pihak dapat membantu memasarkan produk herbal untuk meningkatkan kesejahteraan kader dan merekomendasikan minuman herbal toGammara digunakan pada setiap acara rapat di kantor, penyambutan tamu pemda, dan pesta dimasyarakat karena selain menyehatkan dan harganya juga terjangkau.
Adapun produk yg dipasarkan oleh kader toGammara sebagi berikut :

  1. Minuman serbuk Anti Galau untuk menyegarkan tubuh dan mengembalikan stamina setelah bekerja keras, berisi sari kayu secang, kayu manis, cengkeh, jahe merah, gula merah, dan sereh;
  2. Minuman serbuk Anti Corona, berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh melawan penyakit, berisi ramuan kunyit, jahe, temulawak, dan madu;
  3. Minuman serbuk Anti Stunting, berisi serbuk teh kelor (moringa oleifera). Berkhasiat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, balita, remaja putri, dan lansia. (ibe)

Leave a Reply