Maklumat Dilonggarkan, Angka Covid Pun Bertambah 6 Orang

Inetnews,id. Pasca menuai tekanan protes,reaksi GT Covid-19 kabupaten Enrekang melonggarkan kesepakatan Maklumat bersama yang terbit tahun 2021 oleh forkopimda setempat

Dari Maklumat pengaturan pergerakan kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di tingkat desa, sejak dilonggarkannya sepekan terakhir justru pasien Coviid-19 kembali terjadi kontraksi.

“disaat penerapan Maklumat, perkembangan terpapar virus Corona diangka nol, tapi begitu Maklumat ini penerapannya dilonggarkan, ada fakta data terkomfirmasi Covid ini kembali muncul,” aku kediskes Enrekang (2/4).

Pengetatan aktifitas sosial masyarakat berskala mikro di Enrekang di inovasi lewat penerbitan Maklumat bersama.

Kaitan itupula PPKM mikro diperuntukan membatasi kerumunan seperti pesta pernikahan (bukan dilarang nikah),Aqiqah,pesta adat dan lainnya akhirnya dilonggarkan oleh Tim gugus tugas Covid-19 sampai 5 April 2021.

Selama 2 pekan terakhir sejak dilonggarkan, terhitung 29 Maret 2021 mulai terlapor angka terkonfirmasi Covid 19 dari 379 bertambah menjadi 385 kasus. Ada penambahan 6 kasus.

Kondisi ini diterangkan Kadiskes Enrekang, angka terkonfirmasi Covid-19 itu menunjukkan semenjak diberlakukannya Maklumat bersama Forkopimda memberi pengaruh kuat menahan laju penyebaran covid 19.

Lanjut Sutrisno, namun pada hari ini terkonfirmasi ada 6 kasus warga Kabupaten Enrekang terinfeksi Covid-19.

Untuk diketahui adanya Maklumat bersama sempat digantikan dengan Surat Edaran Bupati Enrekang terhitung tanggal 29 April 2021 diberi kelonggaran.

Kelonggaran itu menyentuh pada sejumlah kegiatan masyarakat yang sebelumnya sempat dihentikan atau dilarang.

“Betul, hari ini kami menerima laporan terkait adanya 6 orang warga masyarakat Kabupaten Enrekang yang terpapar Covid-19,”jelas kadiskes Sutrisno, SE,MAG.MM.

Masih Sutrisno, penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Enrekang itu terjadi pasca tidak diberlakukannya maklumat bersama.

“Kami dari Satgas Covid tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M demi mencegah penyebaran Covid-19,”ucapnya.(mas)

Leave a Reply