Pelatihan Dan Pengenalan E-SP2HP oleh Satreskrim Polres Enrekang

Inetnews, Satreskrim polres Enrekang memberi pelatihan kepada satuan fungsi jajaran
,para Kanit unit Reskrim polres,operator sat intelkam juga SPKT dilingkup mako polres Enrekang.

Pemateri programer pelatihan Kasat Reskrim AKP Saharuddin,SH.M.Si, didampingi KBO Reskrim Ipda Muhammad Ise,SH dipaparkan secara baik dan mudah dipahami peserta.

Pelatihan dan pengenalan SP2HP online ditujukan dari beberapa inovasi memberi manfaat bagi masyarakat
serta lebih terbangunnya trust building di mako polres Enrekang.

“Aplikasi SP2HP ini ini memberi manfaat dalam mendukung tugas kepolisian yang saat ini harus berbasis Iptek serta terciptabya transparansi pelayanan polisi pada masyarakat, “ujar Kasat Reskrim AKP Saharuddin, SH. MSi (16/4).

Diterangkan Kasat Reskrim, pemanfaatan aplikasi SP2HP online sebagai sebuah sarana dalam memberi kemudahan dan keterbukaan informasi maupun proses pengaduan masyarakat yang diterima polisi lebih transparan.

Dari kegiatan administratifnya pengaduan di SPKT serta mekanisme yang dilalui termasuk prosedur kelengkapan berkas perkara sudah bisa diakses oleh masyarakat termasuk pelapor.

Namun yang cukup penting menurut Kasat Reskrim AKP Saharuddin dari pelatihan dan pengenalan SP2HP online, ini yakni dimungkinkan pengaduan bisa dilakukan secara online.

Dari beberapa inovasi yang bermanfaat lebih terbangunnya trust building di mako polres Enrekang.

“proses layanan kepolisian dapat duakses terbuka dan lebih memberikan informasi pada pelapor/korban dalam menjamin akuntabilitas dan transparansi perkara yang ditangani oleh masing masing penyidik melalui online,”katanya.

Begitu pula melalui pelatihan SP2HP online dalam proses pengaduan secara online merupakan suatu layanan masyarakat berupa informasi pada kepolisian melalui SPKT secara online.

Pengaduan masyarakat dapat berupa informasi peristiwa yang dialami masyarakat dan atau peristiwa diduga pidana yang ada disekitarnya.

“jadi pengaduan online ini terhadap peristiwa yang diduga suatu perbuatan pidana, pengaduannya bisa menggunakan aplikasi online langsung terakses ke SPKT polres Enrekang,”jelas AKP.saharuddin,SH.MSi.

Dalam kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar dilaksanakan pelatihan dan pengenalan tata cara penginputan dokumen kedalam aplikasi SP2HP online.

Pelatihan aplikasi SP2HP melalui jaringan internet sebagai sebuah terobosan dalam inovasi transparansi pelayanan publik yang mudah diakses masyarakat.

“itu bisa di chek atau diakses setiap saat sehingga masyarakat mendapat kepuasan atas pelayanan pengaduan yang dilakukan polres Enrekang,”jelas Ipda. Muhammad Ise,SH.(mas)

Leave a Reply