Diskepang Enrekang Pantau Pasar Tradisional Kabere Awasi Pangan Horti

Inetnews, Dinas Ketahanan Pangan (Diskepang) Enrekang selaku Satgas Pangan melakukan operasi pasar pengawasan keamanan pangan asal tumbuhan dan mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di pasar tradisional Kabere (Cendana).

Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Andi Anhar, S.TP, menyampaikan pengawasan keamanan dan Mutu PSAT ini dilakukan untuk memastikan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang beredar di pasaran bebas dari residu pestisida dan aman dikonsumsi masyarakat.

“pengawasan jenis sayuran, buah-buahan dan ikan merupakan komoditi pangan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat, maka kita wajib memastikan keamanannya,” kata Anhar (30/4).

Dalam pengawasan secara sampling untuk mengetahui adanya kandungan cemaran pestisida pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) pada lima (5) jenis sayuran.

Kelima jenis horti : tomat, cabe besar, cabe kecil, kubis dan bawang merah. Lalu dilakukan uji cepat digunakan rapid test residu pestisida.

“Hasilnya terdeteksi dari 5 jenis sayuran tersebut masih aman konsumsi sedangkan sampel ikan teri yang diuji menggunaan rapid test uji formalin menunjukkan ikan tersebut aman, ” jelasnya.

Terkait pengawasan dalam mendeteksi bahan cemaran residu, Kadis Kepang Ir. Syafaruddin, MM mentatakan sebagai langkah dalam menjamin mutu pangan jenis horti di pasar tradisional lainnya.

“dari test cepat, kandungan residunya rendah jika dicuci bersih dan berulang bisa hilang dan sehat dikonsumsi,”katanya.

Ia pun menyarankan, sebelum dikonsumsi buah-buahan dan sayur sayuran diharapkan mencuci buah dan sayuran air bersih yang mengalir.

Sehingga adanya cemaran residu pestisida menempel tersebut dapat larut atau hilang. Karena cara ini dapat mengurangi residu pestisida yang menempel dan sebelum memasaknya dicuci bersih.

“cuci bagian tanaman secara detail, misalnya pada lipatan halus, tangkai serta gumpalan kuntum bunga pada kol dan brokoli,”jelas Ir. Syafaruddin, MM. (mas)

Leave a Reply