Kebakaran Ponpes Di Rumbo (Baraka) Hanguskan Asrama Putri.

Inetnews, Kebakaran cukup besar melalap sejumlah bangunan hunian para santri di pondok pesantren (Ponpes) Abdul Aziz Baraka, Kabupaten Enrekang, Sabtu (1/5) sore.

Kebakaran tepatnya terjadi sekitar jam 3.30 Wita atau sebelum shalat ashar, tak bisa dikendalikan karena lokasi diperbukitan tersebut sulitnya sumber air dan angin berhembus kencang.

“dari kebakaran ponpes ini sejumlah bangunan dari kayu seperti 1 unit asrama putri dan 3 unit rumah pembina ikut terbakar, “jelas Camat Baraka Gamaluddin, ST (1/5).

Dikatakan Gamaluddin kerusakan akibat kebakaran
asrama putri dan rumah hunian pembina berlangsung cepat membuat seluruh bangunan habis tak bersisa.

Saat kejadian, sejumlah bangunan yang terlihat nyaris bersamaan munculnya api membuat warga disekitar lokasi ponpes bereaksi cepat bersama anggota kepolisian.

Namun lamgkah bahu membahu dengan peralatan seadanya tak banyak membantu dan api semakin sulit dikendalikan.

Ponpes yang berlokasi di Dusun Rumbo (Baraka) tersebut cukup mendapat perhatian masyarakat luas yang menilai kegagalan berulang Dinas sat pol PP dan Damkar Enrekang dalam memberi solusi pemadaman yang cepat .

Pihak berwajib masih selidiki luluh lantaknya Ponpes setelah dilalap si jago merah. Tak menutup keganjilan, terbakarnya bangunan Ponpes dari kayu yang terpisah dari bangunan serupa itu terbakar nyaris bersamaan.

Material bangunan yang didominasi kayu membuat api dengan cepat menjalar dan dalam keadaan kosong.”Asrama dalam keadaan kosong, karena masih libur selama masa pendemi Covid-19,”kata AKBP Andi Sinjaya.

Dari beberapa pemberitaan kebakaran Ponpes ini mulai menuai kritik termasuk penjelasan dari pengasuh.

Dari kejadian
siang itu tak ada korban jiwa dalam musibah ini namun ditaksir sementara kerugian mencapai 150 juta.

“Alhamdulillah tak ada korban jiwa, kerugian yang kami alami sekitar Rp150 juta rupiah,”aku pengasuh setempat
Ustaz Jasman.(mas)

Leave a Reply