Disperkimtan Enrekang Gandeng LPPM Unhas Bagi Peningkatan Layanan SPM

INETnews, Komitmen peningkatan layanan publik oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Enrekang semakin bertekad ditingkatkan dalam Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Publik.

Hal tersebut tampak dengan dijalinnya Kerjasama antara  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin untuk menyusun standar pelayanan minimal (SPM) dalam sektor layanan perumahan rakyat.

Bertempat Aula Rapat Disperkimtan hadir Kadis Disperkimtan Dr.Ir. Sulviah Dahaling,ST.MM beserta jajaran, Kabag Organisasi dan Tata Laksana M. Kadang,Msi bersama Tim Penyusun Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari LPPM UNHAS pada Kamis 21/10/2021.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Dr. Ir. Sulviah Dahaling, ST,MM mengatakan, pihaknya menjadi OPD pertama menggelar seminar penyusunan SPM dalam upaya meningkatkan pelayanan prima,mudah,cepat dan efisien.

“Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan merupakan Dinas yang pertama kali melakukan hal ini, karena dianggap sangat penting dilakukan sehingga akan mendorong pelaksanaan fungsi dan tugas dalam memberi pelayanan pada masyarakat,”ucap Dr.Ir Sulviah Dahaling,ST.MM (21/10).

Menurut Sulviah kegiatan ini bertujuan untuk mendorong fungsi tugas serta kinerja Disperkimtan Enrekang dalam memberikan pelayanan tata kawasan perumahan dan permukiman yang baik pada masyarakat termasuk legalitas lahan milik Pemda.

“Dengan terciptanya tolak ukur pelayanan minimal yang diberikan oleh pemerintah maka keberadaan Disperkimtan Enrekang terhadap masyarakat berkontribusi positif sehingga mutu pelayanan publik dapat diukur dan terlaksana optimal,” katanya.

Untuk diketahui Standar Pelayanan Minimal (SPM) merupakan ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal. Baik dibidang perumahan,kawasan permukiman dan pertanahan atas lahan aset Pemda.

Bahkan dalam penerapan SPM, sebagai pedoman dan acuan penyusunan program kerja teknis Disperkimtan Enrekang memberi landasan yang tepat bagi terpenuhinya pelayanan dasar serta penyusunan perencanaan ke depan.

“Sehingga dari SPM yang ada mampu menyelesaikan masalah strategis, dalam mendukung program Emas Bupati Enrekang,’.(mas)

Leave a Reply