Mukmin Syarifuddin, S.Sos,M.Si: Ada Pesan “Nilai” Pencapain Gelar Doktor (S3) Bupati Buton Utara Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si

Mukmin Syarifuddin, S.Sos, M.Si menyampaikan “ada pesan nilai positif” dari aspek Pendidikan yang harus mampu dimaknai seluruh generasi muda Buton Utara, penerus tongkat estafet kepemimpinan kedepannya.

Hal ini disampaikan MSY sapaan akrab dari awak media, atas keberhasilan Bupati Buton Utara Dr.H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. dalam menyelesaikan studi jenjang Doktor S3, yang hari ini telah di wisuda secara virtual zoom di Ereke Kulisusu Buton Utara, Oleh Universitas Negeri Jakarta, 13 Oktober 2021″.

Mukmin Syarifuddin, Eks Dosen Universitas Darussalam Ambon ini 2013-2016, menyampaikan.

“Sudah seharusnya kita generasi muda Buton Utara mulai melakukan langkah konkrit-positif dalam melihat kedepannya. Bupati Buton Utara yang hari ini telah selesai mencapai jenjang pendidikan tertinggi dalam level resmi pendidikan ini, merupakan salah satu pesan kepada kita bahwa menuntut ilmu itu wajib agar kwalitas diri kita mesti disiapkan dalam menghadapi tantangan kedepan yang akan semakin kompleks”.

MSY menambahkan, hikmah-pesan yang harus menjadi pegangang kita Generasi muda, “kwalitas sumber daya manusia generasi muda Buton Utara harus lebih dari kwalitas SDM yang ada hari ini. Cambuk-amukan positif ini harus berkobar-kobar dalam jiwa dada seluruh generasi muda Buton Utara. Bukannya habis waktu, hanya berurusan dengan hal yang menjadikan daerah Buton Utara yang kita banggakan dinilai tidak memiliki kwalitas mumpuni dari aspek apapun juga”.

Mukmin menuturkan, “sesuai pengalamannya secara langsung, yang melihat ukuran daerah lainnya di beberapa daerah yang telah didatangi semenjak tahun 2013 di Maluku, sampai pelosoknya, hingga jazirah Pulau paling barat Indonesia. Akhirnya Dia menemukan kesadaran atas apa yang mesti dibenahi, terutama secara individu maupun lainnya”. Yang tentu saja dengan kesadaran diri terdalam, apa yang dipahaminya belum tentu sudah mewakili semuanya, apalagi benar diatasnya benar. minimal, apa yang diperoleh atas kesadaran dirinya yakni kita minim pengetahuan, pemahaman, terutama kesadaran diri atas moral, etika sebagai manusia ciptan Tuhan yang harus mengedepankan semangat untuk berbakti kepada kehidupan ini, sesuia kapasitas yang dimiliki. Menghindari tindakan yang justru merugikan diri sendiri, apalagi daerah dimana kita dilahirkan, dititipkan Tuhan dimuka Bumi ini. Ujar MSY, sembari mengisap sebatang rokok dengan santai

Oleh karena itu, Mukmin berharap, baik untuk diri sendiri, agar semangat untuk terus maju dibidang apapun, terutama pendidikan, harus menjadikan kita untuk terus bergerak. Dan gerakan kita, harus orientasi utamanya bersaing dengan daerah lainnya. Bukan bersaing diantara kita-dalam daerah Buton Utara hal-hal yang tidak produkrif, Itu akan merugikan daerah sendiri. Kita mesti melihat persaiangan yang harus dihadapi diluar daerah, agar kekurangan bisa segera dipenuhi.

Ini yang harus menjadi renungan setiap waktu, sembari membangun peradaban dalam bingkai persaudaraan yang hasilnya keadaban yang lebih manusiawi dalam situasi apapun. Sehingga, kesadaran diri akan terus meningkat. Yang ujungnya kita akan menjadi generasi muda yang tangguh menghadapi segala tantangan kedepannya. Disanalah Buton Utara dapat maju dan berkembang. Hari ini harus dimulai, dan mesti tau cara memulainya, ujar Mukmin.

Bukan sebaliknya, kita menunjukkan kwalitas diri yang jauh dibawah standar, hanya karena menyibukan pikiran tenaga yang tidak produktif. Itu harus jauh dari aktifitas kita selaku generasi muda buton utara harapan daerah, bangsa dan negara kedepannya.

Sebelum mengakhiri komentarnya Mukmin Syarifuddin, S.Sos,M.Si mengucapkan selamat kepada Bupati Buton Utara, Dr.H.Muh.Ridwan Zakariah, M.Si atas pelaksaan wisuda program doktor (S3) di Universitas Negeri Jakarta, semoga dapat memberi manfaat lebih bagi daerah Buton Utara, terutama akan jadi pemantik bagi generasi muda Buton Utara dalam menempuh pendidikan, tutup MSY sembari ngopi dan menghisap sebatang rokok..

Leave a Reply