Pemkab Mubar Tutup Pelayanan Puskesmas Pajala, 38 Nakes OTG Dikarantina

MUNA BARAT, (inetnews.id) – Keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam melakukan pencegahan dan pemutusan rantai pandemi Covid 19, terus gencar dilakukan. Selain mencanangkan Gerakan Bermasker kepada masyarakatnya, kali ini Pemkab DOB itu menutup pelayanan sementara salah satu Puskesmasnya yakni Puskesmas Pajala Kecamatan Maginti, setelah sebelumnya salah satu tenaga Kesehatannya berinisial POL yang merupakan Tim Nusantara Sehat (TNS), di vonis Positif Covid 19 oleh tim Gugus tugas Covid Sultra berdasarkan hasil Swab.

Dampak dari itu pun, sebanyak 38 tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Pajala itu, menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing dikarenakan terjadi kontal erat dengan salah satu nakes yang terpapar Covid 19.

Juru bicara (Jubir) Gugus tugas Covid-19 Mubar, H Rahman Saleh, membenarkan hal itu dan saat ini, 38 nakes Puskesmas Pajala itu berstatus orang tanpa gelaja (OTG).

“ Betul. Puskesmasnya saat ini kita tutup dulu. Untuk 38 nakes termasuk Kepala Puskesmas (Kapus)nya dilakukan karantina mandiri. Meski belum pasti mereka tertular Covid 19, kita tutup dulu Puskesmasnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari penularan ke orang lain, apalagi mereka sebagai pelayan publik,” kata Jubir Covid 19 Mubar kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Kata Rahman, Kebijakan ini dilakukan agar seluruh nakes melakukan karantina mandiri selama 14 hari, sambil kita lakukan pemantauan. Dalam masa pemantauan nanti, dirinya meminta kepada seluruh nakes untuk tidak keluar rumah. Selalu menggunakan masker, makan makanan bergizi, istrahat cukup, olahraga dan hindari stres.

” Apabila mereka selama karantina terjadi keluhan seperti demam, batuk, flu, sakit menelan dan sesak napas, kita secepatnya akan mengambil langkah untuk melakukan pengobatan sesuai gejala, ” terangnya.

Jubir Gugus tugas Covid Mubar itu juga mengatakan, jika pihaknya sebelumnya sudah melakukan rapid tes pertama kepada enam teman serumah POL dan Alhamdulillan hasilnya non reakrif,” tuturnya.

Bahwa Nakes berinisial POL tersebut teecatat sebagai warga Kabupaten Bombana yang tergabung dalam tim Nusantara Sehat dan bertugas di Puskesmas Pajala, Kabupaten Mubar. (Aland).

Leave a Reply