Dua Lembaga Survei di Pilkada Muna RAPI Unggul, Petahana Kalah

Inetnews.id – MUNA, Pekan lalu, tepatnya 25 November 2020 Lembaga Survei Barometer Suara Indonesia (BSI) memprediksi Calon Bupati dan Wakil Bupati Muna Pasangan Calon (Paslon) LM Rajiun Tumada – H La Pili (RAPI) yang unggul di Pilkada Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Itu dilkukan berdasarkan riset survei yang dilakukan selama beberapa bulan belakangan ini. Dalam surveinya BSI mengumumkan Paslon RAPI unggul 42,56% sedangan Paslon LM Rusman Emba – Bachrun 36,36%.

Hari ini (2/12/20) salah satu Lembaga survei kembali mengumumkan hasil risetnya dengan potret surveinya Paslon yang berakronim RAPI unggul 46,9% dari Calon Bupati Petahana 37,4% ,di Pilkada Muna.

Adalah Lembaga Survei Fixpoll Research and Strategic Consulting melalu Direkturnya yang menyatakan hal itu kepada Inetnews.id Rabu (2/12/20).Dia menjelaskan jika hari ini pihaknya melakukan konferensi Pers di Hotel Zenith Kendari dalam rangka pembulis hasil survei dari lembaganya terutama di Pilkada Kabupaten Muna, dengan selisih 9% Paslon RAPI mengungguli Petahana.

“ Kalau kita lihat dari selisihnya 9 persen dengan waktu survei yang kita lakukan dan waktu pemilihan yang sudah semakin sempit ini, maka otomatis LM Rajiun Tumada- H La Pili adalah kandidat paling kuat memenangkan pertarungan pilkada 2020,” Tutur Muhammad Anas Direktur Fixpoll Research and Strategic Consulting.

Dia menjelaskan lagi bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi keunggulan Paslon RAPI dari Paslon Rusman Emba – Bachrun, pertama dikarenakan 62 persen warga menginginkan pergantian Bupati, kemudian pada hasil debat yang digelar oleh KPU. Sedangkan Petahana yang menginginkan untuk kembali memipin Muna, itu hanya 38 persen. Semua ini di karenakan tingkat kepuasan masyarakat Muna terhadap Rusman, selama memipin Muna, sangat rendah.

“Dari segi kinerja dan pembangunan yang dilakukan selama memipin Muna Barat, LM Rajiun jauh lebih konkrit di banding Petahana,itu dari hasil riset yang kami temukan ditengah tengah masyatakat Muna. Apalagi dengan Program yang ditawarkan ke masyarakat itu jauh lebih baik dari Rusman Emba – Bachrun. Ini lah yang mempengaruhi hingga Paslon RAPI yang bernomor urut dua di Pilkada Muna itu lebih unggul dari Paslon nomor satu,” Terangnya.

Lembaga survei yang tidak diragukan lagi kredibelnya itu dan pernah terdaftar di KPU RI sebagai Lembaga Survei Pilpres pernah mempublis hasil survei Calon Presiden 2019 dengan memprediksi Bapak Joko Widodo – Ma’ruf Amin yang bakal memenangkan Pilpres 2019. Tidak dipungkiri Fixpoll hasil surveinya tepat. (Aland).

.

Leave a Reply