Dr.Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si: Prodi Komunikasi Lagi Trend di Pasar Kerja

Inetnews.id – MAKASSAR. Prodi Ilmu Komunikasi secara nasional lagi trend pada lapangan kerja sehingga tahun tahun terakhir ini, pada penerimaan mahasiswa baru termasuk prodi cukup signifikan peminatnya dari kalangan generasi milenial.

Hal sama juga terasa pada Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar tahun lalu 2020 sebanyak 80 orang peminat mahasiswa baru. dibanding tahun sebelumnya 2019 hanya 19 orang jadi kenaikan mahasiswa baru 2020 mencapai 300 persen lebih.

Demikian ditegaskan Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr.Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si saat memberi sambutan pada rapat kordinasi dan konsolidasi revisi kurikulum dan program kerja Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Selasa 22 Juni 2021 di Warkop Kopi Batas Makassar.

Rapat koordinasi ini di pimpin Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Dr.H.Muh Tahir, M.Si didampingi Sekretaris Prodi, Dian Muhtadiah Hamna, S.IP, M.I.Kom serta dihadiri Wakil Dekan I, Dr.Burhanuddin, S.Sos, M.Si, pada dosen ilmu komunikasi di antaranya; Dr.Muhammad Yahya, M.Si; Dra.Diana Rina, M.Si; Syukri, S.Sos, M.Si; Warda, S.Sos, MA, Ahmad Syarif, S.Sos, M.I.Kom.

Dijelaskan, trend prodi ilmu komunikasi ini harus dibarengi kualitas materi pembelajaran yang sesuai informasi yang disebarkan kepada publik. Salah satu diantaranya adalah kurikulum harus senantiasa di update sesuai permintaan pasar kerja, kata anggota Tim Seleksi anggota KPUD kabupaten dan kota di Sulsel ini.

Program kerja yang akan disusun harus disesuaikan visi dan misi perguruan tinggi dan standar dalam proses akreditasi prodi dan akreditasi institusi dari lembaga akreditasi, ungkap doktor administrasi publik PPs-UNM ini.

Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh, Muh Tahir menambahkan, animo mahasiswa baru tahun 2021 memilih ilmu komunikasi termasuk cukup besar terbukti dari data sementara ilmu komunikasi jadi pilihan favorit bagi generasi muda milenial.

Target maba tahun 2021 diupayakan dapat mencapai tiga kelas sejumlah 120 orang. Mencapai target itu semua taktik dan strategi menarik minat dan simpati anak milenial terus dilakukan lewat media massa dan media sosial, tandas mantan Wakil Ketua BPH STIEM Muhammadiyah Mamuju ini.

Prodi S1 Ilmu Komunikasi ini meraih nilai akredirasi B dari BAN-PT dan mulai beroperasi sejak 2015 dan saat ini telah mencetak puluhan sarjana ilmu komunikasi. Beberapa di antara alumni itu telah terserap pada lapangan kerja, ungkap doktor manajemen PPs-UMI Makassar ini, (ulla)

Leave a Reply