Warga Sandang Positif Corona Di Enrekang Jadi Lima Orang

Sul-sel (Inetnews), juru bicara pemkab Enrekang untuk percepatan penanganan Covid-19 mengeluarkan up date terbaru tentang jumlah pasien positif virus Corona bertambah satu orang hingga menjadi 5 orang.

Dalam jumpa pers di posko Covid-19 jubir Sutrisno, SE. SKM. MM menerangkan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Enrekang ini dipastikan bertambah satu orang.

“Kasus covid-19 terkonfirmasi sebagai kasus kelima di Enrekang atas nama MR berusia 5 tahun, bocah laki laki ini dinyatakan positif dari hasil swab telah dikeluarkan dan diterima pihak RSU masenrempulu dan Dinas kesehatan Enrekang,”jelas Sutrisno, SE. SKM. MM (8/5).

Dijelaskan, Kronologis penambahan kasus tersebut bermula tanggal, 30 April 2020 orang tua MR datang ke UGD RSU maspul untuk berobat dengan keluhan pusing,badan lemas dan demam kemudian dilakukan rapid covid tidak reaktif (negatif) dan tetap diambil swab.

Selain itu pihak orang tua MR memberi informasi bahwa anaknya tersebut juga sedang sakit dirumahnya.

“Informasi inipun ditanggapi cepat oleh tim covid /TRC Dinkes, kondisi MR yang lagi demam untuk diperiksa dan ternyata suhunya 37,2 derajat celcius lalu dulakukan tes rapid hasil negatif dan diberikan obat dari RSUD setempat, “ucapnya.

Kata dia, pada tanggal 1 Mei 2020 kondisi MR masih demam, pada tanggal 2 Mei masih terjadi keluhan demam dengan suhu tubuh 39 derajat celcius. Ditanggal 3 Mei keesokan harinya ternyata masih demam, agak sakit saat menelan tetapi kondisi membaik.

Lalu, dari langkah medis lanjutan pada tanggal 5 Mei 2020 tim medis RSU maspul memutuskan mengambil swab MR termasuk kakaknya R yang juga sedang demam dan batuk. Sampelnya untuk dilakukan swab ke laboratorium RSUP Wahidin Makassar.

“pada hari ini tanggal 8 Mei 2020 pagi hari, jeluar hasil pemeriksaan RT-PCR positif covid-19 sehingga terkonfirmasi keseluruhan terkonfirmasi positif di Enrekang sebanyak lima orang, “jelasnya.

Menurutnya, pasien yang tercatat sebagai kasus kelima positif Covid-19 di Enrekang itu berdomisili diwilayah Kota Enrekang. Pasien baru positif Covid-19 itu, beralamat di Jl Ratulangi Kota Enrekang, Kecamatan Enrekang.

Pasien bocah laki-laki berusia lima tahun berinisial MR, dan merupakan anak dari pegawai cabang perbankan BUMN di Enrekang.

Hanya saja, belum bisa dipastikan dari mana terpapar Covid-19, lantaran hasil rapid test ayah dan kakaknya telah keluar dan hasilnya negatif.

“Kita belum tau dari mana terpapar keluarga asal Tambora ini, karena katanya sekeluarga terakhir keluar daerah ke Makassar pada Bulan Januari 2020 lalu,” tuturnya.

Gubernur Nurdin Abdullah pada awak media disela kunjungan hari itu katakan, Tim gugus Enrekang bekerja dengan sinergi sangat bagus. Dan yang sudah dirujuk ke Makassar karena diinginkan supaya tidak terjadi lokal transmision.

“makanya diminta kepada kepala daerah/kota secara aktif kumpulin semua ODP maupun OTG karena sulsel siapkan karantina wisata Covid, “jelas Prof. Nurdin Abdullah.

Masih dia, karantina wisata Covid sebuah program ada berolahraga, ceramah, gizi diperbaiki, dan insyaalah imunitasnya terus naik dalam 14 hari kembali reaksinya negatif.

“jadi kita himbau baik baik, jangan sampai menularkan saudara, tetangga, sahabat kala masih cinta mereka, olehnya itu perlu kejujuran, kepatuhan,menjaga kebersihan dan tidak mudik bersabarlah sedikit, “imbuhnya. (mas)

Leave a Reply